PERAWATAN LO PURIFIER UNTUK MENUNJANG KELANCARAN
PENGOPERASIAN
MESIN INDUK
Author By : Mujiono TR
Bedjaner 36
Mesin
induk dan pesawat bantu memegang peranan penting dalam menunjang kelancaran
pengoperasian kapal atau unit pengeboran. Gangguan pada salah satu peralatan tersebut dapat
menyebabkan kapal tidak beroperasi.Pesawat bantu adalah pesawat yang
menunjang kelancaran kerja dari mesin induk. Ada beberapa pesawat bantu yang
digunakan salah satunya adalah purifier.
Kotoran atau endapan pada minyak lumas dapat diatasi dengan menggunakan lubrication oil purifier ( LO purifier ), LO purifier merupakan pesawat atau alat yang berfungsi memisahkan kotoran, air dan jelaga dari minyak lumas. Prinsip kerja dari purifier adalah pemisahan material berdasarkan berat jenis dan gaya sentrifugal, sedangkan clarifier hanya berdasarkan gaya sentrifugal sehingga hanya memisahkan kotoran tidak termasuk pemisahan air dari minyak lumas.Pelumasan merupakan salah satu faktor yang menunjang
jalannya mesin, sehingga dapat bekerja dengan baik. Disamping itu, pelumasan juga dapat menjaga performa mesin agar dapat tahan lama.
Fungsi-fungsi minyak lumas secara lengkap adalah:1.
Pendinginan2.
Penyerap kotoran3.
Peredam getaran4.
Mencegah terjadinya korosi5. Mempertahankan koefisien gesek / Memperhalus
Gesekan.
Pengoperasian dari LO Purifier mengikuti irama kerja dari mesin induk karena pelumasan yang kembali ke tangki endap / sump tank kemungkinan besar mengandung kotoran atau karbon sisa pembakaran yang tercampur air atau bahan bakar .
Mempertimbangkan pentingnya peranan LO
purifier dalam menjaga kelancaran
operasional kapal atau unit pengeboran, serta pengalaman saya tentang permasalahan LO
purrifier ketika sedang bertugas dalam hal ini saya akan share hal mengenai purifier baik perawatan maupun trouble shooting yang sering terjadi: Banyak manfacturer mengeluarkan jenis dan type purifier dengan kelebihan dan kekurangan masing - masing, namun secara garis besar prinsip kerjanya sama. Di sini saya akan membatasi pembahasan purifier dengan merk ALFA LAVAL , TYPE : P605
Model : ALFA LAVAL Type : P 605
Nominal
Capacity:
2100 L/h
RPM ( Bowl ) : 9305 RPM
RPM
( Motor ) : 3000 RPM
Motor
output : 2.5 KW
Operating
Water pressure Min 2 Bar
Max : 6 Bar
Pokok permasalahan yang sering saya alami pada LO Purifier pada saat bekerja adalah LO
purifier yang sering mengalami over flow .
Overflow disebabkan kurang kedapnya penutupan bowl hood (kap mangkok) dengan body serta ukuran dari gravity disc yang sudah tidak sesuai sehingga minyak lumas lebih banyak yang masuk ke sludge tank (tangki kotor) dibanding yang keluar dari purifier masuk kesistem
Overflow disebabkan kurang kedapnya penutupan bowl hood (kap mangkok) dengan body serta ukuran dari gravity disc yang sudah tidak sesuai sehingga minyak lumas lebih banyak yang masuk ke sludge tank (tangki kotor) dibanding yang keluar dari purifier masuk kesistem
Faktor
yang dominan dalam menunjang kinerja dari LO purifier adalah gravity
disc. Gravity disc memiliki ukuran diameter yang
bermacam-macam, Setiap ukuran gravity
disc memiliki karakteristik yang
berbeda-beda, misalkan untuk ukuran gravity disc dengan diameter 73 mm, digunakan
untuk minyak lumas dengan SAE tertentu yang memiliki density 820kg/m³ s/d 880 kg/m³.
Diameter gravity disc
|
63
mm
|
64.5
mm
|
66
mm
|
68
mm
|
70
mm
|
73
mm
|
79
mm
|
84
mm
|
Perbandingan berat
jenis
|
0.980
|
0.965
|
0.956
|
0.930
|
0.920
|
0.88
|
0.860
|
0.840
|
Kurangnya Ketelitian Pada Saat Pelaksanaan Perawatan kaitannya dengan pemilihan lingkar diameter dari gravity disc akan memberikan kontribusi terbesar terjadinya overflow dari LO purifier pada saat dioperasikan.
Selain hal tersebut diatas ada faktor lain yang ikut andil dalam terjadinya overflow minyak pelumas pada LO Purifier diantaranya sbb:
✔ Ketidakstabilan Temperatur Pada Heater Mengakibatkan High Temperature Device (Cut Out) Lebih Sering Bekerja.
✔ Akibat dari suhu melebihi set poin, maka over heat alat kendali automatic bekerja (trip) mengakibatkan electric heater akan “cut off” sehingga minyak keluar dari heater tidak masuk ke purifier untuk dipurifikasi melainkan hanya bersirkulasi kembali ke sisi isap dari feed pump melalui three way valve menuju heater begitu seterusnya
✔ Kurangnya Perawatan Terhadap LO Purifier mencakup pembersihan disc, penggantian main seal ring, penggantian paring disc & o-ring yang telah melampaui jam kerja (Running Hours) kesemuanya tercantum dalam perawatan terencana atau Plan Maintenance System.
Demikian sharing ilmu mengenai LO purifier dan merupakan bahan makalah yang pernah penulis ajukan dalam melengkapi syarat mutlak kelulusan Master Marine Engineer ( MMar.eng ) Tahun 2011 Periode 3 , Kemenhub BP3IP.
Tidak ada yang sempurna dimuka bumi ini selain Allah SWT , Tetap Down to earth dalam menyikapi suatu trouble , stay humble , calm , don't be panic , god never give you load more than your capability.
Stay safe untuk semua offshore worker , seafarer , pelaku usaha didunia maritime & oil and gas Industri.
SALAM SUKSES........
![]() |
above the eart and under the Blue sky spreading the goodwill among mens |
Dokumen Acuan trouble Shooting :
1. ALVA LAVAL, TUMBA AB, (2005), Instruction Manual Book, Alfa Laval Type P 605, Sweden
Tidak ada komentar:
Posting Komentar